Rangkuman Bab 1

 BAB 1 : Informatika Dan Pembelajarannya


A. Informatika dan Profil Pelajar Pancasila

Informatika akan membantu kalian untuk menyiapkan diri sebagai warga dunia digital, yaitu dunia maya melalui internet. Di dunia digital, warga digital juga perlu cara komunikasi, sopan santun dan etika, serta membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter warga digital yang baik pula. Karena kehidupan dunia digital seiring dan sejalan dengan dunia nyata, kalian harus berkarakter baik di dunia nyata maupun dunia digital. Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan sebagai Profil Pelajar Pancasila

B. Cara Belajar Informatika

1. Materi tentang Konsep Informatika

Untuk mempelajari suatu materi yang memuat konsep Informatika, ada dua

cara yang ditawarkan.

a. Pertama, kalian menyimak dan mempelajari terlebih dahulu mengenai

materi yang dibahas dari bacaan atau media lain, kemudian kalian berlatih

dengan aktivitas tertentu. Berlatih itu penting untuk lebih memahami

konsep.

b. Kedua, kalian belajar mandiri, yaitu kalian diajak untuk mengeksplorasi,

beraktivitas terlebih dahulu, dengan harapan bahwa urutan langkah

kegiatan yang dilakukan akan menuntun kalian untuk memahami materi

yang sebenarnya sedang kalian pelajari dengan beraktivitas. 

2. Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata

Konsep yang dijelaskan di atas, disajikan dalam bentuk kasus nyata terkait

kehidupan sehari-hari. Sebuah kasus hanya mewakili satu kejadian dalam

banyak kejadian yang sejenis. Misalnya, pengolahan data pariwisata, hanya

3. Aktivitas yang Dirancang pada Setiap Bab

Lakukan aktivitas yang dirancang langkah demi langkah secara saksama

dan tidak terburu-buru. Melalui rangkaian tahapan aktivitas yang diberikan

secara sistematis dalam buku ini, kalian sebenarnya sedang dituntun untuk

mengalami, melakukan refleksi, memaknai dan merajut konsep informatika

yang utuh berdasarkan elemen-elemen Informatika yang menjadi fokus.

4. Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman

Setelah mempelajari materi-materi yang diberikan, hendaknya kalian

melakukan pengendapan materi dan melakukan koneksi dengan materi

yang pernah dipelajari bahkan bukan hanya materi pelajaran Informatika.

5. Pentingnya Minat dan Motivasi

Belajar itu menyenangkan jika kalian berminat terhadap apa yang dipelajari.

Informatika perlu dipelajari oleh semua orang karena saat ini hampir semua

orang membutuhkan berinteraksi lewat perangkat TIK.


C. Kilas Balik Pelajaran Kelas 7

1. Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian telah belajar menyelesaikan

masalah-masalah yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari yang di

dalamnya terdapat aspek informatika, khususnya algoritma, optimasi

penjadwalan, struktur data list, dan representasi data.

2. Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian telah belajar

mengenai pembuatan karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan

peramban untuk mencari informasi, serta mengelola file dalam folder.

3. Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian belajar mengenai definisi

komputer, komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama

komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak

dengan piranti lain yang terhubung.

4. Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), kalian belajar mengenai

pengantar jaringan komputer dan internet, proteksi data dan file, dan

koneksi internet.

5. Pada Bab Analisis Data (AD), kalian belajar tentang pengelolaan dan

penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu. Jika tools-nya

tersedia, kalian telah merasakan betapa praktisnya mengolah dan

memvisualisasi data dengan menggunakan aplikasi. Visualisasi menjadi

lebih menarik dan memudahkan analisis dan interpretasi data, bukan?

6. Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian belajar membuat

karya kreatif yang diprogram, dengan menyusun dan merangkai blok-

blok visual. Ini ibaratnya kalian bermain lego, untuk menyusun suatu

karya, tetapi bedanya adalah bahwa karya berupa program dapat

dijalankan (dieksekusi) sesuai urutan perintah programnya sehingga bisa

menjadi karya interaktif.

7. Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian belajar mengenai

sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Kalian akan lebih berhati-hati, mengutamakan aspek positif, serta

menghindari dampak negatif bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga

untuk teman-teman.

8. Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian juga belajar bekerja

sama dengan teman-teman kalian untuk membuat karya dan mencoba

menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari

pada bab-bab lain.


D. Pelajaran Kelas 8

1. Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian akan belajar mengenai

fungsi, algoritma dengan kasus yang lebih kompleks, representasi data

(khususnya mengenai himpunan, logika, dan representasi bilangan), dan

struktur data stack (tumpukan).

2. Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian akan

memanfaatkan aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja dan

presentasi untuk mengintegrasikan konten setiap aplikasi, menghasilkan

dokumen yang lebih kompleks. 

3. Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian akan belajar mengenai fungsi

sistem komputer, gerbang logika pada CPU, dan pengalamatan memori.

Jika di kelas VII kalian hanya memandang komputer dari tampak luar, di

kelas VIII, kalian akan masuk ke “dalam” komputer. Sama dengan belajar

tubuh manusia, kalian akan belajar “organ-organ” (komponen) komputer

yang tidak kasat mata, dan mempelajari bagaimana komponen tersebut

berfungsi.

4. Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), kalian akan belajar

mengenai teknologi komunikasi pada telepon seluler, jaringan lokal dan

internet, proteksi data di internet, serta routing pada jaringan komputer.

5. Pada Bab Analisis Data (AD), kalian akan belajar lebih dalam dibandingkan

dengan kelas VII mengenai pengelolaan data, pencarian data, peringkasan

data, dan visualisasi data.

6. Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian akan belajar

pemrograman menggunakan dua bahasa pemrograman visual, yaitu

Scratch dan Blockly. 

7. Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian akan belajar mengenai

media sosial, cyberbullying, pengkajian informasi secara kritis. 

8. Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian juga belajar bekerja sama

dalam kelompok, bergotong royong untuk membuat karya dan mencoba

menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari

pada bab-bab lain.


E. Pemaknaan dan Kualitas Belajar

Hasil belajar Informatika perlu dimunculkan menjadi computational

artefact (artefak komputasional), hasil karya nyata, berupa ungkapan lisan,

laporan, program komputer atau lainnya. Sebuah hasil karya nyata yang

dibuat dengan komputer, bukan merupakan sebuah artefak komputasional

jika tidak dihasilkan melalui proses berpikir komputasional. Dalam proses belajar, tentunya kalian akan diminta mengerjakan soal-

soal, membuat artefak komputasional, membuat program, atau karya-karya

lainnya. Guru akan menilai jawaban dan hasil karya kalian. Sebagai contoh,

sebuah laporan, infografis atau poster akan dinilai baik, bukan hanya dari

tampilannya, tetapi juga dari makna, kebenaran, dan akurasi isinya.





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rangkuman Bab 9 = Praktika Lintas Bidang Informatika - Aufa Azila 12 7A

Sistem Komputer - Aufa Azila, 12, 7A