Rangkuman Bab 1
BAB 1 : Informatika Dan Pembelajarannya
A. Informatika dan Profil Pelajar Pancasila
Informatika akan membantu kalian untuk menyiapkan diri sebagai warga dunia digital, yaitu dunia maya melalui internet. Di dunia digital, warga digital juga perlu cara komunikasi, sopan santun dan etika, serta membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter warga digital yang baik pula. Karena kehidupan dunia digital seiring dan sejalan dengan dunia nyata, kalian harus berkarakter baik di dunia nyata maupun dunia digital. Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan sebagai Profil Pelajar Pancasila
B. Cara Belajar Informatika
1. Materi tentang Konsep Informatika
Untuk mempelajari suatu materi yang memuat konsep Informatika, ada dua
cara yang ditawarkan.
a. Pertama, kalian menyimak dan mempelajari terlebih dahulu mengenai
materi yang dibahas dari bacaan atau media lain, kemudian kalian berlatih
dengan aktivitas tertentu. Berlatih itu penting untuk lebih memahami
konsep.
b. Kedua, kalian belajar mandiri, yaitu kalian diajak untuk mengeksplorasi,
beraktivitas terlebih dahulu, dengan harapan bahwa urutan langkah
kegiatan yang dilakukan akan menuntun kalian untuk memahami materi
yang sebenarnya sedang kalian pelajari dengan beraktivitas.
2. Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata
Konsep yang dijelaskan di atas, disajikan dalam bentuk kasus nyata terkait
kehidupan sehari-hari. Sebuah kasus hanya mewakili satu kejadian dalam
banyak kejadian yang sejenis. Misalnya, pengolahan data pariwisata, hanya
3. Aktivitas yang Dirancang pada Setiap Bab
Lakukan aktivitas yang dirancang langkah demi langkah secara saksama
dan tidak terburu-buru. Melalui rangkaian tahapan aktivitas yang diberikan
secara sistematis dalam buku ini, kalian sebenarnya sedang dituntun untuk
mengalami, melakukan refleksi, memaknai dan merajut konsep informatika
yang utuh berdasarkan elemen-elemen Informatika yang menjadi fokus.
4. Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman
Setelah mempelajari materi-materi yang diberikan, hendaknya kalian
melakukan pengendapan materi dan melakukan koneksi dengan materi
yang pernah dipelajari bahkan bukan hanya materi pelajaran Informatika.
5. Pentingnya Minat dan Motivasi
Belajar itu menyenangkan jika kalian berminat terhadap apa yang dipelajari.
Informatika perlu dipelajari oleh semua orang karena saat ini hampir semua
orang membutuhkan berinteraksi lewat perangkat TIK.
C. Kilas Balik Pelajaran Kelas 7
1. Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian telah belajar menyelesaikan
masalah-masalah yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari yang di
dalamnya terdapat aspek informatika, khususnya algoritma, optimasi
penjadwalan, struktur data list, dan representasi data.
2. Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian telah belajar
mengenai pembuatan karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan
peramban untuk mencari informasi, serta mengelola file dalam folder.
3. Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian belajar mengenai definisi
komputer, komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama
komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak
dengan piranti lain yang terhubung.
4. Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), kalian belajar mengenai
pengantar jaringan komputer dan internet, proteksi data dan file, dan
koneksi internet.
5. Pada Bab Analisis Data (AD), kalian belajar tentang pengelolaan dan
penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu. Jika tools-nya
tersedia, kalian telah merasakan betapa praktisnya mengolah dan
memvisualisasi data dengan menggunakan aplikasi. Visualisasi menjadi
lebih menarik dan memudahkan analisis dan interpretasi data, bukan?
6. Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian belajar membuat
karya kreatif yang diprogram, dengan menyusun dan merangkai blok-
blok visual. Ini ibaratnya kalian bermain lego, untuk menyusun suatu
karya, tetapi bedanya adalah bahwa karya berupa program dapat
dijalankan (dieksekusi) sesuai urutan perintah programnya sehingga bisa
menjadi karya interaktif.
7. Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian belajar mengenai
sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Kalian akan lebih berhati-hati, mengutamakan aspek positif, serta
menghindari dampak negatif bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga
untuk teman-teman.
8. Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian juga belajar bekerja
sama dengan teman-teman kalian untuk membuat karya dan mencoba
menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari
pada bab-bab lain.
D. Pelajaran Kelas 8
1. Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian akan belajar mengenai
fungsi, algoritma dengan kasus yang lebih kompleks, representasi data
(khususnya mengenai himpunan, logika, dan representasi bilangan), dan
struktur data stack (tumpukan).
2. Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian akan
memanfaatkan aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja dan
presentasi untuk mengintegrasikan konten setiap aplikasi, menghasilkan
dokumen yang lebih kompleks.
3. Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian akan belajar mengenai fungsi
sistem komputer, gerbang logika pada CPU, dan pengalamatan memori.
Jika di kelas VII kalian hanya memandang komputer dari tampak luar, di
kelas VIII, kalian akan masuk ke “dalam” komputer. Sama dengan belajar
tubuh manusia, kalian akan belajar “organ-organ” (komponen) komputer
yang tidak kasat mata, dan mempelajari bagaimana komponen tersebut
berfungsi.
4. Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), kalian akan belajar
mengenai teknologi komunikasi pada telepon seluler, jaringan lokal dan
internet, proteksi data di internet, serta routing pada jaringan komputer.
5. Pada Bab Analisis Data (AD), kalian akan belajar lebih dalam dibandingkan
dengan kelas VII mengenai pengelolaan data, pencarian data, peringkasan
data, dan visualisasi data.
6. Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian akan belajar
pemrograman menggunakan dua bahasa pemrograman visual, yaitu
Scratch dan Blockly.
7. Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian akan belajar mengenai
media sosial, cyberbullying, pengkajian informasi secara kritis.
8. Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian juga belajar bekerja sama
dalam kelompok, bergotong royong untuk membuat karya dan mencoba
menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari
pada bab-bab lain.
E. Pemaknaan dan Kualitas Belajar
Hasil belajar Informatika perlu dimunculkan menjadi computational
artefact (artefak komputasional), hasil karya nyata, berupa ungkapan lisan,
laporan, program komputer atau lainnya. Sebuah hasil karya nyata yang
dibuat dengan komputer, bukan merupakan sebuah artefak komputasional
jika tidak dihasilkan melalui proses berpikir komputasional. Dalam proses belajar, tentunya kalian akan diminta mengerjakan soal-
soal, membuat artefak komputasional, membuat program, atau karya-karya
lainnya. Guru akan menilai jawaban dan hasil karya kalian. Sebagai contoh,
sebuah laporan, infografis atau poster akan dinilai baik, bukan hanya dari
tampilannya, tetapi juga dari makna, kebenaran, dan akurasi isinya.
tambahkan foto dan video dari youtube
ReplyDelete